Menu Close

5 Cara Efektif Untuk Memulai Bisnis Online Shop Anda

cara jualan online

Karena, seseorang yang memakai sistem dropship hanya maka akan membeli produk dari dealer jika terdapat order-an untuk costrumer. Setelah mengetahui perkara tersebut, Anda dapat memakai kalkulasi sederhana untuk menampilkan pendapatan Anda. Cukup biasa, perkirakan jumlah biaya yang didapatkan dari hasil penjualan dan dikurangi dengan biaya total pengeluaran Anda saat membeli produk dari supplier. Hasilnya akan menentukan apakah dengan menjadi reseller online akan memberikan keuntungan bagi Anda. Pastikan juga untuk membuat akun Instagram dengan brand anda sendiri. Sebisa mungkin buat nama akun Instagram yang mudah diingat dan juga menggambarkan produk yang anda jual.

Dengan begitu kamu tidak akan khawatir akan banyaknya sisa produk. Sistem ini juga membuatmu tidak perlu mengeluarkan modal di awal, karena modalnya didapat dari dana yang ditransfer oleh pemesan. Ada istilah “Produk dengan kualitas baik akan memarketingkan dirinya sendiri”. Dengan begitu, yang harus kamu pastikan adalah kamu menjual produk dengan kualitas yang baik, atau minimal, sepadan dengan harga yang harus dikeluarkan oleh pelanggan. Kalau jual produk atau barang, biasanya bakalan didominasi sama marketplace sih. WordPress banyak digunakan karena cukup mudah pengaturannya. Kamu juga bisa menginstall plugin yang menunjang untuk pembuatan toko online.

cara jualan online

Usahakan untuk membuat akun Instagram bisnis untuk mempermudah proses riset pasar kedepannya. Sebagus apa pun produk kamu, jika tidak ada orang yang tahu, pasti akan percuma juga. Marketing membuat produkmu lebih banyak dikenal sekaligus membangun brand kamu sesuai citra yang kamu harapkan. Jika penggunaan marketing terlalu berat untuk usaha online kamu yang masih baru akan dimulai, kita sebut saja dengan promosi ya.

Yang paling tua namun masih sangat efektif adalah Dari Mulut ke Mulut atau Word of Mouth. Dengan sistem ini, kamu tidak perlu memproduksi atau beli stok barang dengan jumlah banyak di luar pesanan pelangganmu.

Tentu aja perbedaannya terletak pada sistem pengiriman produknya. Jika merchant, alur pengiriman produk maka akan dikirim langsung dari vendors ke pembeli. Selanjutnya, kalau ada order, reseller mengirimkannya kembali ke customer–nya. Berselisih halnya dengan Dropship, dalam proses pengirimannya tidak singgah ke reseller terlebih dulu.